Minggu, 03 Februari 2013

REVIEW SISTEM BASIS DATA TUGAS 2



Sistem berasal dari bahasa Latin “Systema” dan bahasa Yunani “Sustema” yang artinya suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen atau elemen-elemen yang berkaitan antar satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Basis yaitu diartikan sebagai markas / gudang / tempat penyimpanan. Data yaitu sesuatu yang belum mempunyai arti dan membutuhkan adanya suatu pengolahan agar memberikan manfaat kepada penerima. Data dapat berupa angka, huruf, peristiwa, simbol, dan lain sebagainya.
Dari ketiga kata tersebut, dapat kita gabungkan menjadi satu pengertian. Dimana Sistem Basis Data adalah sebuah sistem yang terdiri dari kumpulan file-file yang saling berhubungan, yang di atur sedemikian rupa (diolah) oleh user(brainware) dengan menggunakan komponen-komponen pendukung (hardware & software) sehingga dapat memberikan informasi kepada pengguna apabila suatu saat ia membutuhkannya.
Agar  sistem  tsb dapat beroperasi dengan baik dan lancar, maka diperlukan komponen-komponen yang penting seperti Hardware, Sistem Operasi, Database, Aplikasi DBMS, Brainware,  dan software pendukung (optional).
Adapun tujuan dan manfaat dari Sistem Basis Data ini yaitu tujuannya tidak lain adalah untuk menemukan data yang dicari dengan cepat dan mudah. Sedangkan manfaatnya yaitu tingkat akses yang cepat, efisien, aman, dan bisa dipakai semua pihak yang memerlukan.
Di dalam Sistem Database terdapat 3 tingkatan yaitu :
1.       View (rendah yang paling tinggi) : yang berada di tingkat ini yaitu user digolongkan ke external, karna berada di luar ( tidak berhubungan langsung dengan database). Level ini tidak mengambarkan secara kesuruhan dari database, tapi hanya bagian yang di butuhkan oleh user.
2.       Konseptual : menerangkan bagaimana data di simpan. Menggambarkan keseluruhan dari database.
3.       Fisik (level yang paling rendah) : mengenai data, bagaimana data itu di simpan. Level ini lebih kompleks daripada view dan konseptual.
Terminologi Sistem Basis Data yang kita kenal yaitu Entitas/Entity, Field/Atribut/Kolom, Record/Tuple/Baris.
Entitas/Entity yaitu wujud / obyek berupa orang, tempat, peristiwa ataupun konsep yang direkam. Entitas  bisa di artikan sebagai judul dari sebuah tabel.  Karna  inilah yang membedakan entitas yang satu dengan yang lainnya. Misalnya di sebuah rumah sakit, kita bisa membuat entitas Dokter, entitas Pasien, entitas Perawat, entitas Kamar, dan lain-lain.
Atribut/Field/Kolom yaitu sebutan yang digunakan untuk menjelaskan Entitas. Atribut berupa kolom-kolom yang memiliki data yang sama atau sejenis. Kalau ada 3 elemen (nama data) yang ingin di masukkan, maka ada 3 entitas atau 3 kolom yang di gunakan. Misalnya :
kolom1 untuk No_id, kolom2 untuk Nama_Karyawan, kolom3 untuk Alamat.
Record/Tuple/Baris yaitu menjelaskan suatu entitas secara lengkap karna di dalam 1 baris, semua atribut masuk (Horizontal). 1 record/baris mewakili 1 data atau informasi. Contohnya :
672012208, Julianne Moore, Purisatya, Bengkalis, riau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar